Trending News

Blog Post

10 Cara Sukses Berjualan di Marketplace Indonesia
cara sukses berjualan online di marketplace
Bisnis Online

10 Cara Sukses Berjualan di Marketplace Indonesia 

Masagipedia.com – Sukses berjualan online di marketplace adalah salah satu pilihan terbaik untuk mencapai target penjualan produk atau mengejar omset penjualan. Sehingga mampu menghasilkan profit yang juga besar

 

Marketplace memiliki peran besar dalam hal digitalisasi proses jual beli. Data statistik penggunanya pun bukan main-main. 

 

Sebagai contoh, tahun 2020 lalu marketplace Shopee menunjukkan bahwa pengunjung bulanannya mencapai 93 juta orang setiap bulannya. Kemudian disusul oleh Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Blibli.

 

Tak heran jika kemudian banyak para pebisnis online mulai menjajakan produknya di berbagai marketplace yang memiliki pengunjung potensial setiap harinya dari marketplace.

 

Karena memang jumlah pengunjung di berbagai marketplace tersebut adalah pasar yang besar sekaligus peluang emas untuk bisa mendapatkan penjualan setiap harinya.

 

Bahkan peluang emas ini tidak hanya di ambil oleh para pemilik toko offline, melainkan banyak yang memanfaatkan peluang ini oleh para pebisnis yang memang hanya menjual produk secara online alias tanpa memiliki toko fisiknya.

 

Berjualan online di marketplace memiliki potensi penjualan yang besar. Namun bukan berarti tidak memiliki persaingan.

 

Justru pada kenyataanya, berjualan online di marketplace tidak semanis yang dibayangkan. Persaingannya bahkan lebih ketat daripada toko secara offline. 

 

Makannya ketika berjualan di marketplace sering muncul istilah “perang harga”. Ini lah yang kemudian menjadi salah satu kekurangan dari berjualan di marketplace. Penjual harus berani memberikan harga lebih murah dari dari kompetitor.

 

Hal-hal seperti inilah yang kemudian harus bisa diminimalisir oleh penjual. Agar berjualan online di marketplace tetap bisa memiliki keuntungan yang besar dari setiap penjualan.

 

Tahapan Cara Sukses Berjualan di Marketplace Indonesia

Berikut adalah beberapa cara agar bisa sukses berjualan online di marketplace meskipun tanpa harus perang harga dengan kompetitor lainnya:

 

1. Riset Marketplace yang Berpotensi Besar dalam Penjualan Produk

Marketplace ramai belum tentu bisa menciptakan penjualan yang besar. Karena persaingannya juga pasti lebih ketat, dan bagi toko online baru pasti persaingan yang ketat ini juga akan menjadi semakin berat dalam menciptakan penjualan.

 

Kecuali, Kamu sudah memiliki strategi jitu untuk bisa sukses berjualan online di marketplace untuk menjadi pesaing bagi para kompetitor yang menjual produk yang nyaris sama atau sama sekalipun.

 

Namun, Jika kamu menginginkan penjualan yang stabil pastikan kamu harus bisa meriset di marketplace mana akan memulai berjualan. 

 

Tidak hanya dari segi kunjungan, namun juga minat pembeli di marketplace tersebut terhadap produk yang akan dijual juga harus dianalisis.

 

Nah, jika di marketplace yang telah kamu pilih ini sudah mulai stabil penjualannya. Kamu bisa mulai membuka cabang baru dengan membuka toko online di marketplace lainnya.

 

Harapannya, di toko kedua ini kamu sudah lebih siap dan mengetahui pola dan strategi yang akan digunakan.

 

2. Buat Desain Toko yang Menarik

Membuat desain toko yang menarik adalah salah satu bagian penting dari cara sukses berjualan online di marketplace.

 

Karena desain yang profesional dan menarik akan menimbulkan kepercayaan tersendiri bagi calon customer. Selain itu, customer juga akan merasa lebih nyaman saat mencari produk yang dibutuhkannya.

 

Membuat desain toko yang menarik di marketplace sebenarnya bukan hal yang begitu sulit meskipun kamu awam dalam hal desain grafis.

 

Karena marketplace biasanya sudah menyiapkan template yang juga tak kalah menarik untuk diedit sesuai dengan kebutuhan desain dan promosi pada toko yang dikelola.

 

Beberapa bagian dari desain toko online yang menarik itu misalnya:

  • Buat banner toko yang memberikan informasi toko dan keunggulan produk yang dijual
  • Cantumkan video yang memuat profil toko atau produk yang akan dijual
  • Buat kategori produk yang akan dijual. Misalnya ketika kamu menjual Fashion, Kamu bisa membuat kategori Kemeja Pria, Celana Pria, Pakaian Wanita, dan kategori lainnya. Hal ini tentu akan memudahkan customer ketika akan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Buat deskripsi toko yang menjelaskan tentang detail toko dan produk

 

3. Menjual Produk yang Sejenis Bukan Produk Gado-gado

Langkah ketiga dalam menjalankan cara sukses berjualan online di marketplace adalah usahakan menjual produk yang sejenis.

 

Ketika Kamu menjual produk fashion jangan campurkan katalog di toko online dengan produk lain yang tidak memiliki hubungannya dengan fashion.

 

Misalnya, ketika kamu berjualan pakaian jangan dicampurkan dengan produk makanan atau sport seperti sepeda, raket, dan lainnya yang tidak berhubungan sama sekali.

 

Secara aturan di marketplace memang tidak ada yang salah dari menjual produk gado-gado seperti ini. Tapi hal ini akan berpengaruh pada psikologi calon customer.

 

Calon customer akan bingung ketika mencari produk yang dibutuhkannya, dan akhirnya kamu akan kehilangan kepercayaan dari pembeli untuk membeli produk dari toko online yang dikelola.

 

4. Pastikan Foto Produk Menarik dan Berkualitas

Berjualan online adalah menjual produk melalui foto. Maka foto produk yang berkualitas baik dan profesional adalah modal besar untuk bisa sukses berjualan online di marketplace.

 

Dalam Rubrik Peluang Usaha, Masagipedia pernah menulis 5 Ide Bisnis Tahun 2021 Modal Kecil Tapi Cepat Menghasilkan.

 

Di dalamnya membahas bahwa foto produk yang estetik dan berkualitas adalah salah satu bagian penting yang dibutuhkan oleh toko online.

 

Maka, buatlah tokomu semakin profesional dan dipercayai oleh customer melalui foto produk yang berkualitas. Tidak asal jepret lalu upload.

 

Melainkan kamu bisa mengoptimasi dari sisi resolusi, desain frame dan foto yang bisa menggambarkan secara detail produk yang akan kamu jual.

 

5. Sertakan Video pada Katalog Produk

Selain foto yang menarik dan berkualitas, video menjadi bagian penting jika kamu ingin sukses berjualan online di marketplace.

 

Karena jika pada setiap produk yang kamu jual memiliki video yang menggambarkan detail dan keunggulan produkmu. 

Menyertakan video juga akan memberikan nilai tambah terhadap tokomu dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang tidak menyertakan video. 

 

Menyematkan video pada katalog produk juga akan memberikan kepercayaan lebih dan customer bisa mengetahui lebih detail terhadap produk yang akan dibelinya.

 

Hal ini juga akan meminimalisir komplain customer setelah membeli.

 

6. Buat Judul Sesuai Produk Melalui Riset Keyword 

Berjualan online memiliki teknik yang cukup berbeda dengan berjualan secara online. Misalnya adalah dalam hal pembuatan judul produk. Berjualan di internet atau marketplace jangan asal kasih judul lalu upload. 

 

Tapi kamu harus riset dulu, keyword atau kata kunci apa yang bisa mendatangkan pengunjung / traffic pada produk atau tokomu.

 

Sebagai contoh. Ketika kamu belanja di marketplace kadang menemui judul produk yang kata-katanya kadang sedikit tidak nyambung dalam satu kalimat itu. 

 

Tapi jangan salah, itu adalah teknik penulisan judul dengan keyword populer yang digunakan oleh toko tersebut.

Penulisan keyword yang tepat adalah bagian dari salah satu cara sukses berjualan online di marketplace.

 

Riset keyword ini kamu bisa lakukan di google trends, atau juga dilakukan pada marketplace yang akan kamu gunakan. 

 

Misalnya pada kolom pencariannya dengan menuliskan kata kunci tertentu maka akan muncul kata kunci turunannya, Kata kunci turunan itu bisa kamu gunakan sebagai keyword pada judul produkmu.

 

Atau secara lebih dalam kamu juga bisa melakukan riset keyword pada menu iklan atau ads kata kunci di dashboard penjualan di marketplace.

 

Disana kamu bisa mengetahui secara lebih detail berapa jumlah pencarian terhadap kata kunci yang akan kamu gunakan.

 

Semakin banyak pencarian terhadap keyword yang kamu gunakan, maka semakin besar pula potensi produk itu ditemukan dan menghasilkan penjualan.

 

7. Deskripsikan Produk Secara Detail

Setelah memiliki foto produk yang baik, video yang bisa mendeskripsikan, dan penulisan judul dengan keyword yang tepat.

 

Cara sukses bisnis online di marketplace berikutnya adalah buat deskripsi secara detail dan menarik.

Kamu bisa memaksimalkan jumlah karakter tulisan pada kolom deskripsi ini. Tulis semua detail bahan, ukuran, keunggulan, hingga garansi atau bonus yang akan kamu berikan.

 

Kamu juga bisa menyisipkan kata-kata yang bisa menarik pembeli dengan menggunakan teknik penulisan copywriting.

 

Sehingga para calon customer akan semakin percaya dan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.

 

8. Buat Voucher Toko dan Hadiah Kecil

Buatlah voucher toko yang bisa menarik calon customer untuk membeli dalam jumlah besar.

 

Misalnya jika harga produk yang kamu jual adalah rata-rata Rp. 50.000. Kamu bisa membuat voucher toko dengan pembelian minimal 300.000 ribu akan mendapatkan potongan 10%.

 

Tentunya potongan diskon ini harus disesuaikan dengan profit yang akan kamu dapatkan. Namun juga harus mempertimbangan diskon yang diberikan itu menarik untuk calon customer.

 

Kemudian, selain membuat voucher cara sukses berjualan online di marketplace adalah dengan memberikan hadiah kecil bagi customer.

 

Hadiahnya bisa berupa barang atau juga voucher khusus untuk pembelanjaan berikutnya di toko Kamu. 

 

Pemberian hadiah kecil ini juga akan berdampak baik bagi toko onlinemu. Contoh kecilnya customer selain merasa bahagia dengan kualitas produk yang dibelinya, Ia juga terkesan atas bonus yang diberikan.

 

Hal ini akan menciptakan loyalitas customer untuk bisa kembali berbelanja di toko onlinemu dan juga bisa memberikan review yang baik terhadap toko setelah pembelian.

 

9. Siapkan Strategi Iklan

Setelah semua bagian pada toko onlinemu teroptimasi dengan biak. Langkah selanjutnya dalam tahapan cara sukses berjualan online di marketplace adalah menyiapkan strategi iklan yang jitu.

 

Kompetisi bisnis online di marketplace cukup ketat. Maka tak sedikit juga toko online menyiapkan budget iklan yang tak sedikit untuk bisa sukses berbisnis online dan mencapai target penjualannya.

 

Maka, kamu juga perlu sekali menyiapkan budget iklan untuk bisa mencapai target penjualan.

 

Jika budget masih terbatas, kamu bisa menggunakan budget minimal dulu dalam beriklan. Misalnya kamu bisa anggarkan Rp. 20.000 per hari untuk beberapa kata kunci potensial.

 

Namun, pastikan biaya iklan yang akan digunakan itu bisa mendatangkan traffic ke toko onlinemu dengan memilih kata kunci yang tertarget. 

 

Sehingga dari traffic yang kamu ciptakan dari iklan itu bisa dikonversi menjadi penjualan.

 

10. Buat Pelanggan Terkesan dengan Pelayanan yang Ramah dan Maksimal

Berikan pelayanan yang baik kepada siapapun yang menginkan penjelasan terhadap produkmu di kolom diskusi atau chat. 

 

Hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam pemberian pelayanan yang baik dalam berjualan online di marketplace ini adalah balas chat yang cepat, ramah, dan bisa memberikan solusi bagi calon customer. 

 

Pelayanan yang maksimal ini adalah sebagai ujung tombak dari semua proses pada pembahasan cara sukses bisnis online di marketplace. 

 

Berikan pelayanan yang baik kepada calon customer yang berpotensi membeli atau ataupun tidak.

 

Karena bisa jadi, calon customer yang meskipun hanya bertanya tidak memberi saat itu, tapi akan menjadi pelanggan loyalmu di kemudian hari.

 

Kesimpulan Materi Cara Sukses Berjualan Online di Marketplace

10 cara sukses berjualan online di marketplace di atas merupakan rangkaian satu sama lain yang saling berkesinambungan.

 

Mengoptimasi pada semua bagian di toko onlinemu akan menjadikan tokomu terlihat profesional dan disukai oleh customer.

 

Namun dari 10 cara sukses berjualan online di atas yang tak boleh terlupakan adalah usahakan tokomu memiliki review dari setiap produk yang terjual.

 

Selamat sukses berjualan online di marketplace Indonesia. Kuasai pasar dan hasilkan omset yang tak terbatas.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *