Trending News

Blog Post

8 Cara Menjadi Penulis Blog untuk Pemula yang Menghasilkan
cara menjadi penulis blog pemula
Tips Blog

8 Cara Menjadi Penulis Blog untuk Pemula yang Menghasilkan 

Masagipedia.com – Menjadi penulis blog sebaiknya harus dimuali dengan memiliki minat sebagai penulis. Karena menjadi blogger yang memiliki penghasilan dari blognya butuh effort yang tinggi. 

Menjadi seorang blogger itu, butuh konsistensi, kesabaran dan pandai melihat peluang penghasilan yang akan didapatkan dari blog.

 

Kamu harus tau cara menjadi penulis blog untuk pemula itu seperti apa, Kamu harus tau arah blog kamu kedepannya akan kemana, Kamu harus tau kedepan sumber pendapatan blog kamu dari mana.

 

Kemudian, blogger juga harus tau bagaimana teknik penulisan yang akan menghasilkan traffic yang tinggi. Dan tentu masih banyak hal lainnya yang mesti dipelajari dan dikuasai untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang dibangun.

 

Lalu, Cara menjadi penulis blog untuk pemula itu seperti apa?

Begini Cara Menjadi Penulis Blog untuk Pemula yang Menghasilkan

cara menjadi penulis blog untuk pemula

 

Nah, untuk kamu yang baru akan memulai menulis blog atau menjadi seorang blogger, paling tidak ada beberapa langkah agar kedepan blog kamu bisa menjadi salah satu sumber pendapatan.

 

Berikut adalah panduan cara menjadi penulis blog untuk pemula, ikuti langkah-langkahnya:

 

1. Lupakan Sejenak Masalah Penghasilan dari Blog

Menjadi blogger itu tidak ada yang instan. Hari ini menulis, besok gajian. Tidak seperti itu! Tapi tentunya perlu perjuangan yang lebih keras untuk bisa menghasilkan.

 

Makannya di awal membangun sebuah blog kamu harus melupakan sejenak masalah uang. Meskipun kedepannya kamu akan menjadikan blog yang dibangun menjadi mesin uang.

 

Cara menjadi penulis blog untuk pemula adalah memulainya dari hobi menulis. Jadikan, menulis sebagai bagian dari hal yang menyenangkan. 

 

Sehingga di awal membangun blog kamu tidak akan stres karena belum juga menghasilkan. Kamu juga tidak akan terbebani dengan hal lainnya, karena menulis adalah bagian dari hobi.

 

Konsisten menulis adalah kunci utama. Karena, bagaimanapun blog adalah sebuah platform yang menyajikan ragam informasi melalui teks dan gambar. Meskipun bisa dikombinasikan dengan konten audio visual yang menarik.

 

2. Tentukan Platform blog yang Menurut Kamu Mudah Dikuasai

Cara menjadi penulis blog untuk pemula berikutnya adalah menentukan satu platform blog yang akan kamu gunakan.

 

Misalnya, memilih blogspot atau wordpress. Karena dua platform ini yang paling populer digunakan oleh blogger newbie hingga profesional. Meskipun, ada banyak platform lain yang bisa kamu gunakan untuk menyalurkan hobi menulis.

 

Beberapa blogger biasanya akan menyarankan menggunakan blogspot.com. Karena ragam fitur yang relatif lebih mudah dipahami. Tapi, tentunya bukan sesuatu hal yang sulit juga jika kamu sebagai blogger pemula mau menggunakan wordpress.com.

 

Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu pelajari saja, kemudian tentukan sendiri platform blog mana yang menurutmu itu mudah.

 

3. Tentukan Niche Blog yang Diminati atau Dikuasai

Niche blog adalah topik khusus yang kamu bahas dalam blog yang akan kamu bangun. Misalnya blog kamu fokus pada kesehatan, pendidikan, bisnis, keuangan, kuliner, traveling dan atau hal lainnya.

 

Meskipun tidak ada aturan yang mengharuskan kamu untuk menulis blog dengan satu tema tertentu. Karena sebenarnya di blog itu bisa menulis apapun yang ingin kamu bagikan informasinya, atau blog gado-gado.

 

Tapi, akan ada banyak keuntungan jika blog itu memiliki niche tertentu. Misalnya, Membuat lebih fokus dalam penulisan blog, akan menciptakan audiens yang loyal, dikenal sebagai expert pada tema tertentu, dan blog kamu akan memiliki performa SEO yang baik.

 

4. Membuat Nama Domain yang Menarik

Penting! sebagai bagian dari cara menjadi penulis blog untuk pemula adalah kamu harus menentukan nama domain blog kamu.

 

Domain adalah alamat untuk menuju ke situs blog yang kamu bangun. Simpelnya, domain itu seperti alamat rumah. Contohnya adalah masagipedia.com. “Masagipedia” adalah nama domain / alamat yang akan kamu tuju. sedangkan “.com” merupakan ekstensi domain yang dipilih oleh pembuat situs masagipedia.

 

Memilih nama domain ini tentunya tidak sekedar nama. Namun sebaiknya memiliki nama yang unik, mudah diingat, dan tidak sulit dalam pengetikan.

 

Ketika menentukan nama domain juga kamu harus bisa memastikan bahawa nama domain tersebut belum digunakan oleh orang lain.

 

5. Pelajari Bagaimana Mencari Keyword untuk Artikel yang Akan Ditulis

Secara umum memang tidak ada aturan cara menulis artikel atau narasi pada blog. Sehingga penulis blog atau blogger itu bisa menulis apapun dalam blognya. 

 

Tapi, jika blog kamu kedepan ingin menjadi mesin untuk menghasilkan uang, ada beberapa teknik penulisan yang mau tidak mau harus kamu lakukan. Salah satunya dalam setiap blog kamu harus mengandung keyword atau kata kunci yang akan mengarah pada artikel atau blog yang kamu tulis.

 

Penggunaan keyword yang tepat pada artikel blog akan menjadikan blog kamu memiliki banyak pengunjung/traffic ketika menuliskan keyword yang sesuai dengan artikel blogmu.

 

Karena, dengan menggunakan keyword yang tepat. Mesin pencari seperti google akan memberikan highlight pada keyword yang relevan dengan yang dicari oleh penggunanya.

 

Sehingga pemilihan dan penempatan keyword yang tepat akan lebih cepat membantu artikel blog berada pada halaman pencarian utama google. Imbasnya, blog kamu akan kebanjiran pengunjung dari keyword yang kamu sematkan pada artikel blog itu.

 

6. Pelajari Teknik Penulisan SEO

Menjadi penulis blog pemula atau profesional itu banyak hal yang harus dipelajari. “Mau Terus Belajar adalah Kuncinya.” Karena blog yang subur menghasilkan pendapatan itu adalah blog yang selalu dioptimasi dari semua aspeknya.

 

Baik dari blognya sendiri, tema, teknik penulisan hingga pada gambar atau video yang disematkan pada setiap artikel blog.

 

Pada topik cara menjadi penulis blog untuk pemula ini. Mengingatkan blogger, selain harus bisa menulis tapi Ia harus juga bisa mengoptimasi tulisannya itu. Salah satunya dengan teknik penulisan SEO.

 

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu cara mengoptimasi blog untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google. Pembahasan mengenai penggunaan keyword yang tepat di atas merupakan salah satu cara optimasi SEO yang bisa mendatangkan traffic pada blog.

 

Banyak hal yang perlu dibahas secara spesifik mengenai optimasi SEO. Kamu bisa menemukan pembahasan lengkapnya pada artikel lain di masagipedia.com dengan rubrik Blogging > Tips Blog.

 

7. Perbaiki Tampilan Blog Agar Semakin Menarik

Menjadi penulis blog itu sebaiknya tidak hanya bisa menulis saja. Melainkan kamu juga harus bisa mempelajari dasar-dasar desain pada blog. Tujuannya adalah agar tampilan blog semakin menarik dan membuat pengunjung betah ketika berkunjung pada blog kita.

 

Ada banyak faktor yang membuat tampilan blog menjadi menarik. Misalnya adalah pemilihan tema blog. Sebagai saran, penulis blog pemula harus bisa memilih tema blog juga tidak sekedar bagus tampilannya. 

 

Melainkan harus diperhatikan kualitas SEO template, hingga kecepatan dari tema yang dipilih. Karena hal ini juga akan membuat pengunjung blogmu semakin banyak dan membuat blogmu nyaman untuk diakses.

 

Selain itu, untuk membuat tampilan blog menarik kamu juga bisa membuat menu-menu yang unik, menarik dan menjawab kebutuhan para pengunjung blogmu.

 

8. Menulis Artikel Blog, Menulis dan Menulis

Terakhir, cara menjadi penulis blog untuk pemula adalah menulis, menulis, dan menulis. Karena penulis blog memang harus rajin dan konsisten dalam membuat artikel.

 

Semakin banyak artikel yang ditulis, maka potensi mendatangkan pengunjung ke blogmu juga akan semakin besar. Apalagi jika setiap artikel yang kamu tulis menggunakan kaidah SEO yang baik. 

 

Maka, ketika kamu sudah konsisten membuat artikel yang dioptimasi setiap hari atau setiap minggu selanjutnya kamu tinggal menunggu traffic. Karena dari traffic inilah yang kemudian akan menghasilkan uang dari blog.

 

Jika pengunjung blogmu sudah ratusan-ribuan setiap harinya. Maka langkah selanjutnya kamu tinggal mengkonversi traffic tersebut menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan. Atau dalam istilah lain kamu bisa monetize blogmu untuk menjadi mesin penghasil uang.

 

Kesimpulan

Delapan panduan / cara menjadi penulis blog pemula di atas adalah langkah dasar yang sebaiknya dilakukan oleh blogger pemula. 

 

Blog bisa menghasilkan pendapatan yang menjanjikan. Asal penulis blognya selalu mau belajar, konsisten menulis konten artikel, mengoptimasi, sekaligus beradaptasi ketika ada perubahan algoritma pada mesin pencari seperti Google.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *