Trending News

Blog Post

Bantuan UMKM 2021 Siap Disalurkan! Pahami Cara Daftarnya
bantuan umkm tahun 2021
News

Bantuan UMKM 2021 Siap Disalurkan! Pahami Cara Daftarnya 

Masagipedia.com Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) memberikan isyarat bahwa akan ada bantuan UMKM 2021 atau BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro).

sumber: facebook Kementerian Koperasi UKM

Ini adalah angin segar bagi para pelaku UMKM yang saat ini perkembangan usaha masih stagnan akibat pademi COVID-19. Melalui akun instagramnya @kemenkopukm memberikan keterangan bahwa Pemerintah akan melanjutkan program bantuan bagi UMKM di tahun 2021.

Namun, belum ada pengumuman secara resmi terkait kapan waktu pendaftaran bisa mulai dilakukan oleh para pelaku UMKM di Indonesia. 

Beberapa sumber mengatakan bahwa bantuan yang akan diberikan kepada UMKM ini nilainya lebih kecil dibandingkan Bantuan UMKM di tahun 2020. Yaitu 1,2 juta, nilai ini lebih kecil jika dibandingkan dengan bantuan tahun 2020 senilai 2,4 juta.

Syarat Mendapatkan Bantuan UMKM 2021

Mengacu pada syarat dan ketentuan pada tahun 2020, berikut adalah beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh UMKM yang menginginkan Bantuan UMKM di tahun 2021:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Punya Usaha mikro yang dibuktikan surat usulan calon penerima dan pengusul BPUM serta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  4. Bukan ASN, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  6. Untuk pelaku usaha mikro yang alamat KTP dan lokasi usaha berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Baca Juga: UMKM Go Online, Pasang Iklan GRATIS di Sini 

Cara Mendapatkan Dana Bantuan UMKM 2021

Cara mendapatkan Bantuan UMKM ini harus diusulkan oleh lembaga atau instansi pengusul BPUM. Adapun lembaga atau instansinya adalah sebagai berikut:

1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM

2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum

3. Kementerian atau lembaga

4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK

Jika pelaku UMKM telah mendaftar pada instansi atau lembaga pengusul tersebut, selanjutnya akan diinformasikan melalui pesan (SMS) oleh bank penyalur Bantuan UMKM.

Kemudian, penerima bantuan tinggal melakukan verifikasi ke bank dan sekaligus dapat mencairkan dana bantuan BPUM tersebut.

Itulah beberapa syarat dan tahapan yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM yang ingin mendapatkan program bantuan UMKM tahun 2021.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *