Trending News

Blog Post

6 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula
Cara memulai bisnis online
Tips Bisnis

6 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula 

Memulai bisnis online adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan yang cukup menjanjikan. Terlebih saat pandemi COVID-19. Dimana semua orang akan lebih banyak menghabiskan aktivitasnya di rumah, termasuk berbelanja semua kebutuhan.

Berbisnis online sendiri memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah kita sebagai pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyewa sebuah ruko.

Sedangkan harga sewa ruko sendiri relatif mahal untuk para pebisnis pemula, terlebih untuk menyewa sebuah ruko di lokasi yang strategis.

Maka, memulai usaha online adalah salah satu jalan untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan modal yang relatif kecil, atau bisa menjalankannya tanpa modal sekalipun.

Meskipun berbisnis online bisa dilakukan dengan mudah. Kita sebagai pebisnis harus tetap mempersiapkannya secara matang. Artinya tidak asal bikin, tidak asal jualan, tidak asal jadi. Melainkan semuanya harus di konsep dan dipersiapkan secara matang.

Karena persaingan pada usaha bisnis online ini bukan satu atau dua orang. Melainkan ratusan bahkan ribuan toko online.

Ikuti 6 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Cara Memulai

Bisnis Online untuk Pemula

masagipedia.com

Sama hal ketika kita akan memulai sebuah bisnis, memulai usaha bisnis online pun tentu memerlukan berbagai persiapan yang matang. Mengingat persaingan di dunia online itu kadang lebih kejam.

Namun toko yang kita kelola dengan persiapan yang bagus maka paling tidak akan memiliki nilai plus di mata para pelanggan dan tentunya akan menghasilkan penjualan yang maksimal.

Berikut adalah tahapan memulai bisnis online:

1. Memulai Bisnis Online dengan Perencanaan yang Matang

Langkah awal dalam memulai bisnis tentu saja menentukan tujuan serta rencana secara mendetail. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tahapan apa yang akan dilakukan mulai dari awal pembangunan usaha tersebut hingga pada strategi pemasaran yang efektif.

Di awal kamu bisa meriset terlebih dahulu produk apa yang akan dijual, apakah barang yang kamu produksi sendiri atau mengambil barang dari supplier.

Kemudian jika kamu sudah menemukan produk yang sudah pasti laris di pasaran, selanjutnya kamu lihat berapa modal yang kamu miliki.

Apakah dengan modal tersebut kamu bisa memulainya dengan memproduksi, stok barang atau bisa memulainya sebagai reseller atau dropshipper dahulu. Selanjutnya tentukan strategi pemasaran dan media promosi yang akan digunakan.

Misalnya kamu akan menjualnya pada marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Facebook marketplace, website bisnis atau media lainnya.

Baca : 10 Cara Sukses Berjualan di Shopee Marketplace

Proses perencanaan ini juga harus meliputi cara-cara dalam melakukan promosi atau pemasaran produk. Kamu juga harus menentukan berbagai langkah atau strategi alternatif jika mengalami kendala nantinya.

Bisnis online memiliki berbagai jenis platform, maka tentukan salah satu yang paling baik dan bagus.

2. Tentukan Jenis Produk yang Mudah dijual Secara Online

Pemilihan produk ini sudah sedikit dibahas pada point perencanaan. Kenapa produk ini menjadi sangat penting?

Karena produk yang kita jual adalah salah satu amunisi yang bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan online.

Kamu mungkin akan setuju. Jika kita membeli produk abal-abal mungkin kita juga akan merasa kecewa dan tidak akan pernah membelinya lagi.

Maka di awal kita harus bisa memilih atau bahkan memproduksi produk yang memiliki kualitas dan memiliki nilai tambah dari produk lainnya yang beredar di pasaran.

Lakukan survei tentang produk yang banyak orang butuhkan. Pastikan barang tersebut mempunyai masa atau bisa bertahan lama. Setelah itu, tentukan harga sesuai dengan kualitasnya.

Karena ini bisnis online, produk yang kamu jual juga harus mempertimbangkan dalam proses packing dan pengirimannya. Apakah produknya aman jika dikirim ke daerah yang jauh dan waktu yang lama, apakah biaya pengirimannya sebanding dengan harga produknya dan juga tentu kamu harus memperhatikan dari segi keamanannya.

Kamu harus cukup selektif dalam memilih produk yang akan kamu jual secara online.

Mulailah riset! Jika kamu bisa produksi tentu keuntungan yang akan kamu dapatkan juga lebih besar di bandung kamu hanya menjadi reseller atau dropshipper.

Yang pasti adalah produk kamu harus berkualitas, agar kedepan pembeli yang pernah membeli produkmu juga bisa melakukan repeat order. Bukan beli satu kali terus menghilang.

3. Bisnis Online Juga Perlu Penyusunan Anggaran

Memulai bisnis online yang memiliki pemasukan menjanjikan tentu harus mempertimbangkan modal. Ini menjadi awal mula untuk selalu mendapatkan perhatian. Tuliskan secara detail kebutuhan apa saja serta berapa besarnya anggaran untuk setiap proses atau tahapan.

Dengan menentukan besaran anggaran secara terperinci akan memudahkan pengelolaan bisnis dari awal hingga sudah berjalan nantinya.

Kedepan, strategi perencanaan pengeluaran keuangan ini akan bermanfaat dalam membuat strategi lainnya, seperti audit finansial, pemasaran, menghitung profit, dan lain-lain.

Kamu bisa merinci semua biaya yang kamu butuhkan. Kemudian sesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Tidak perlu dengan mencari modal yang besar, maksimalkan saja modal yang ada.

Misalnya yang awalnya kamu akan beriklan dengan biaya yang besar, namun modalnya kurang, kamu bisa mencoba dengan beriklan secara gratis dengan pemanfaatan social media dan strategi iklan gratis lainnya di internet.

4. Buatlah Brand, Logo serta Ciri Khas Toko Online

Membuat brand ini kadang gampang-gampang susah. Karena branding terhadap toko online ini akan memberikan pengaruh besar pada penjualan.

Buatlah nama brand yang memiliki filosofi, unik, serta gampang diingat. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon customermu. Begitu juga dengan logonya, dimana harus terlihat profesional, unik dan bagus.

Ingat persaingan dalam bisnis online ini sangat ketat. Maka pastikan kamu punya ciri khas yang menonjol jika dibandingkan dengan kompetitor bisnis online lainnya.

Hal ini mungkin terlihat terlalu lebay. Namun ini sangat penting ketika toko online yang kamu kelola semakin besar dan dikenal. Maka membuat branding dengan tampilan logo yang profesional sebaiknya dilakukan di awal.

Agar kedepan kamu bisa fokus berjualan, dan memikirkan strategi pemasaran yang tepat. Tidak lagi perlu memikirkan branding dan desain logo yang terus berganti-ganti.

Bahkan bisa jadi, branding dan logo akan membuat orang semakin percaya dan mengenal toko online yang kamu kelola sebagai toko yang profesional dan menjual ragam produk yang berkualitas.

5. Buat Website! Toko Onlinemu Akan Semakin Dipercaya dan Mampu Meningkatkan Penjualan

Tips memulai bisnis online berikutnya adalah buatlah website yang informatif mengenai produkmu, profesional dan harus memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Pada era digital seperti sekarang, sudah banyak sekali bisnis-bisnis yang mulai menggunakan website. Hal ini karena dengan adanya sebuah situs resmi toko akan memberikan kesan profesional serta memberikan kepercayaan kepada konsumen tentang layanan totalitas serta terbaik.

Dalam membuat website juga harus menampilkan sebuah identitas toko yang menjadi ciri khas. Selain itu, buatlah tema serta layout menarik sehingga ketika pengunjung datang dapat dengan mudah mengoperasikannya, seperti mencari produk terbaru, review, dan lainnya.

Website ini menjadi salah satu bagian penting untuk sukses bisnis online. Meskipun kamu berencana menjual produkmu di marketplace.

Namun, ketika kamu memiliki website yang profesional kamu bisa meningkatkan penjualanmu tanpa memikirkan biaya admin setiap transaksinya.

Minimal kamu memiliki landing page yang bisa kamu gunakan sebagai katalog produk dan media promosi yang efektif. Sekarang bukan hal sulit sebenarnya membuat website atau landingpage. Bahkan kamu adalah seorang pemula sekalipun dalam pembuat website ini.

Jika kamu masih bingung mengenai landing page dan bagaimana cara mudah membuatnya kamu bisa belajar di sini. Cara mudah dan murah membuat landing page untuk meningkatkan penjualan.

6. Buat Strategi Promosi Bisnis Online

Pada beberapa poin diatas sudah disinggung bagaimana bisnis online itu harus melakukan promosi. Promosi merupakan satu hal penting dilakukan. Terlebih jika bisnis online yang kamu kelola belum memiliki pelanggan dan belum diketahui banyak orang.

Buatlah strategi promosi yang tepat sasaran, efektif dan murah. Misalnya kamu bisa memanfaatkan social media pribadi atau membuat sosial media khusus untuk bisnis online.

Poromosi dengan sosial media ini adalah salah satu strategi yang cukup efektif dan banyak dilakukan oleh para pebisnis besar.

Mengingat pengguna internet terbesar saat ini adalah pada penggunaan sosial media. Maka manfaatkanlah ini sebagai media untuk memperkenalkan bisnis dan produkmu kepada khalayak yang lebih luas.

Misalanya buat konten menarik di social media kamu dan sesekali selipkan postingan produk yang kamu jual. Atau kamu juga bisa menerapkan iklan berbayar dengan Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan promosi lainnya.

Namun kamu juga harus menyiapkan materi iklan yang kreatif, unik dan menarik. Agar iklan yang kamu jalankan bisa efektif dan tidak sia-sia.

Baca : Begini Cara Mudah Membuat Video Animasi untuk Promosi Bisnis atau kamu juga bisa mengetahui manfaatnya dari beriklan dengan menggunakan video animasi : 5 Manfaat Video Animasi untuk Promosi Bisnis

Jika kamu sebagai pebisnis online pemula belum memiliki modal yang cukup untuk menerapkan iklan berbayar. Manfaatkan semua media promosi yang gratis secara efektif. Misalnya kamu bisa mengikuti program iklan gratis bagi UMKM dari masagipedia.com.

Baca: Cara Daftar Iklan Gratis Bagi UMKM di Masagipedia

Kesimpulan

Itulah beberapa tahapan cara memulai bisnis online untuk pemula. Secara umum mungkin tahapan memulai bisnis online ini sama dengan bisnis offline. Yang membedakan adalah ada pada media online yang akan digunakan sebagai media transaksi dan promosi.

Melek teknologi saat ini bukan sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Apalagi jika kamu saat ini akan memulai sebuah usaha, maka usaha online adalah sebuah momentum yang tepat di era saat ini.

Selamat memulai bisnis online, semoga kamu juga bisa menjadi bagian dari para pebisnis online sukses dan bisa menginspirasi pebisnis online lainnya!

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *